Metode Penyambungan Pipa HDPE

Metode Penyambungan Pipa HDPE


BisnisPipa.com - Memanfaatkan sifat thermoplastik, penyambungan pipa HDPE dilakukan dengan proses pemanasan. Proses ini membuat bagian sambungan memiliki kekuatan setara tubuh pipa, sehingga tak mudah rusak dan bocor.

Sebelum jauh membahas proses penyambungan pipa HDPE, mari kita pahami sifat dari bahan thermoplastik. Bahan ini sangat istimewa, sehingga membuat produk pipa plastik memiliki kekuatan bahkan lebih baik dibanding produk pipa besi.

Dikutip dari ensiklopedia bebas berbahas Indonesia –  WIKIPEDIA,  thermoplastik adalah proses pengolahan bahan plastik dengan cara dipanaskan. Proses ini akan membuat bahan menjadi lunak dan mudah dibentuk serta disambung.

Kelebihannya, setelah proses pendinginan dan suhu kembali normal, bahan akan mengeras. Uniknya, proses pemanasan yang dilakukan sekali lagi akan kembali membuat lunak bahan, sehingga proses ini biasa dikaitkan dengan bahan daur ulang, atau bahan bisa diolah menjadi bahan lain.

Dalam hal produk pipa HDPE, bahan PE-HD (HDPE) merupakan percabangan dengan kode daur ulang dua. Material ini dikenal sebagai bahan tangguh, tahan lembah dan kaku dengan tingkat kelenturan relatif lebih baik dibanding PVC.

Kenapa thermoplastik menjadi bagian penting dalam produk pipa dari bahan HDPE ? Karena hal ini berkaitan dengan proses penyambungan pipa HDPE. Sifat thermoplastik membuat bagian sambungan memiliki kekuatan setara dengan badan pipa.

Hal ini membuat saluran pipa tak mudah rusak bocor dan memiliki usia pemakaian lebih lama. Tak hanya itu, ketidak terlibatan bahan kimia seperti solvent cement dan sebagainya membuat pipa HDPE direkomendasikan untuk saluran air bersih berstandard food grade.

Secara umum, berikut beberapa prosedur penyambungan pipa HDPE yang direkomendasikan dan Anda pelajari :

Penyambungan Pipa HDPE Butt Fusion

Penyambungan Pipa HDPE Butt Fusion atau biasa dikenal dengan proses penyambungan dari ujung ke ujung (butt) antar pipa atau aksesoris fitting. Proses penyambungan ini dilakukan menggunakan mesin pemanas atau biasa dikenal dengan welding machine untuk pipa jenis HDPE.

Sebelum lebih jauh, kita akan membahas cara kerja welding machine untuk pipa HDPE. Peralatan ini pada dasarnya bekerja menyambung ujung pipa dengan pipa atau aksesoris dengan teknik pemanasan yang presisi.

Kita sebut presisi karena bagian pipa harus tersambung satu dengan yang lain dengan tepat. Kesalahan proses pemasangan akan membuat bagian penyambungan tidak terpasang sempurna (tidak presisi) dan akan membuat risiko kerusakan dan kebocoran saluran sangat besar.

Untuk menghindari hal tersebut, welding machine memiliki bagian ragum yang bertugas mengunci pipa atau fitting yang akan disambung. Proses ini dilakukan agar pipa atau fitting tidak bergerak kecuali kedepan dan belakang.

Selain itu, untuk mendapatkan hasil penyambungan pipa HDPE yang sempurna, bagian yang hendak disambung sebaiknya memilik ibentuk rata. Hal ini membuat proses pemanasan dua ujung dalam satu waktu berjalan sempurna.

Untuk memastikan hal tersebut, mesin dilengkapi dengan alat penyerut dua arah. Fungsinya meratakan dua ujung dalam satu waktu secara bersamaan sebelum proses pemanasan.

Bagian penting dalam welding machine adalah plat pemanas. Seperti alat penyerut, bagian ini memiliki dua bagian kanan dan kiri. Sehingga proses pemanasan bisa dilakukan dalam satu waktu. Ketiga bagian ini sangat penting fungsinya dan menjadi rahasia kesuksesan proses penyambungan pipa HDPE, terutama model butt fusion.

Model penyambungan jenis ini cocok untuk jenis pipa HDPE batang. Meski demikian, cara ini juga dapat dilakukan untuk beberapa produk pipa (roll) dengan diameter tertentu.

Penyambungan Pipa HDPE Mechanical Joint

Proses penyambungan pipa HDPE Mechanical Joint bisa jadi cara penyamgungan paling mudah dan sederhana dibandung dua cara lain. Karena proses ini dapat dilakukan tanpa menggunakan bahan kimia dan mesin (Pemanas) penyambung.

Cara ini dilakukan sepenuhnya dengan fitting khusus compression joint. Aksesoris ini terdiri dari beberapa pengunci bagian dalam pipa, seal karet untuk mencegah kebocoran sambungan dan pengunci mekanik yang dapat dikencangkan dengan proses dratting.

Untuk memulainya, Anda bisa memasukan bagian ujung pipa yang hendak disambung. Kunci dengan bagian pengunci, dan sempurnakan dengan menutup bagian dengan seal karet untuk menghindari kebocoran. Setelah itu, Anda bisa mengencangkan dengan penguncian dratt mekanikal, yang dapat dikencangkan secara manual (Dengan tangan atau menggunakan alat).

Proses penyambungan dengan cara ini cocok untuk jenis pipa roll, dan sesuai untuk proses instalasi di daerah sulit. Kawasan yang membuat Anda tidak mungkin membawa mesin penyambung Pipa HDPE atau Welding Mahchine.

Untuk mewujudkan jalur saluran sesuai dengan kebutuhan, fitting pipa HDPE compression joint tersedia dalam beragam variasi bentuk. Seperti Elbow, reducer, coupler, tee, stub flange dan beragam jenis aksesoris lain. Semua didesain dengan proses penguncian yang sama, dan dipasang tanpa menggunakan mesin serta bahan kimia lain.

Untuk lebih mudahnya Anda bisa menyimak tutorial video berikut – Tutorial Penyambungan Pipa HDPE Mechanical Joint – YouTube

Penyambungan Pipa HDPE Electro Fusion

Penyambungan Pipa HDPE tipe ini bisa jadi gabungan dua metode yang sudah kita bahas sebelumnya. Karena menggunakan mesin penyambung khusus dan mengunakan aksesoris pipa yang mendukung proses penyambungan ini.

Mesin electro fusion bekerja sebagai sumber energi listrik. Mesin ini memiliki dua panel, yang dapat diaplikasikan dengan dua panel khsus yang juga ada di bagian fitting. Energi listrik ini kemudian dirubah menjadi energi panas.

Energi panas dirubah dari energi listrik melalui aksesoris electro fusion. Caranya dengan kumparan pembaga yang ada di bagian dalam aksesoris. Bagian ini akan memanas dan membuat bagian dalam fitting dan luar pipa meleleh.

Hasilnya, bagian dalam fitting dan luar pipa akan bersenyawa dengan sempurna. Hasil sambungan akan merekat dengan baik, sehingga memiliki risiko kebocoran sangat kecil. Proses penyambungan ini direkomendasikan untuk Pipa HDPE yang diaplikasikan sebagai saluran gas.

Setiap penyambungan memiliki kriteria terntentu, sehingga memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Dan proses penyambungan Pipa HDPE dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung Anda menggunakan jenis pipa seperti apa. Pemilihan produk pipa dan proses penyambungan yang benar akan membuat proses berjalan dengan sempurna. Sehingga bagian sambungan akan merekat dengan baik dan jalur pipa memiliki usia pemakaian lebih lama.

 

Office

Warga Teknik Mekanika
Jl. Dr. Ratna No.1001-5, Kav. BNI 46 Jatikramat, Jatiasih, Bekasi 17421, Jawa Barat, Indonesia

Contact Info

Jodi Permadi
(62-21) 84979172 - 84999139 - 84999361 - 84998934
Mobile: 0812-8261-1466
Fax: (62-21) 84998927
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Mobile Switcher

Follow