Instalasi Penting Dalam Menentukan Usia Penggunaan Pipa HDPE

Instalasi Penting Dalam Menentukan Usia Penggunaan Pipa HDPE


BisnisPipa.com - Dalam hal massa penggunaan pipa HDPE, usia penggunaan berbanding lurus dengan tekanan dan suhu lingkungan sekitar. Idealnya, instalasi pipa HDPE dilakukan di suhu 20 derajat celcius, dengan masa penggunaan maksimal 50 tahun.

Hingga saat ini, belum ada produk pipa dengan kualitas sebaik pipa HDPE. Karena pipa dengan bahan PE-100 ini diciptakan dari penyempurnaan produk pipa sebelumnya, seperti pipa PVC dan pipa besi yang lebih dulu digunakan sebagai instalasi saluran air bersih.

Hanya saja, beberapa orang kerap salah dalam mengartikan karakter istimewa pipa HDPE yang tahan terhadap karat dan benturan. Sehingga hal ini berdampak pada usia penggunaan yang relatif lebih singkat dari yang disarankan.

Kesalahan paling sering adalah penggunaan pipa HDPE yang tidak sesuai dengan tekanan, atau Pressure Nominal (PN). Secara umum, pipa HDPE ditawarkan dengan ketebalan berbeda satu dengan yang lain, atau antara PN-6,3, PN-8, PN-10, PN-12,5 dan PN-16.

Label PN pada Pipa HDPE tak hanya mengacu pada ketebalan pipa, tapi juga kebutuhan tekanan. Dalam hal ini, tekanan 6,3 mengacu pada tingkat tekanan yang dapat menampung hingga 6,3kg/cm². Dan begitu pula jenis PN produk pipa HDPE yang lain.

Pentingnya memperlihatkan tekanan, akan berpengaruh pada usia penggunaan. Semakin tinggi tekanan, yang diaplikasikan dengan tekanan PN pipa yang rendah, membuat usia penggunaan Pipa HDPE tak bisa bertahan lebih dari usia penggunaan yang diharapkan.

Tak hanya tekanan, pengaruh suhu juga disadari atau tidak kerap berpengaruh pada masalah usia penggunaan pipa HDPE. Normalnya, atau suhu yang direkomendasikan untuk pipa HDPE adalah 20°C untuk usia penggunaan maksimal. Di Pipa HDPE Wavin Black, tekanan tak berlebih dengan suhu sekitar 20°C, membuat usia penggunaan Pipa HDPE dapat diaplikasikan hingga 50 tahun.

Seperti tekanan, semakin tinggi suhu lingkungan sekitar, kerap berpengaruh pada usia penggunaan pipa HDPE. Jika mengacu pada produp Pipa HDPE Wavin Black, penggunaan pipa HDPE di suhu 25°C membuat kualitas usia penggunaan pipa menjadi 95%.

Sementara untuk penggunaan di suhu 30°C, membuat kualitas usia penggunaan pipa menajadi 82%. Penurunan drastis akan terjadi jika suhu sekitar mencapai 45°C, yang membuat usia pipa terpotong 55%.

Penggunaan pipa HDPE di suhu 50°C dan 55°C, membuat usia pipa berkurang lebih drastis, dengan masing-masing pengurangan usia pipa hingga 46% dan 36%. Untuk itu, pentingnya menjaga suhu dalam dan luar saluran pipa akan meningkatkan kualitas serta usia penggunaan pipa HDPE secara umum.

Memang data diatas tak selalu cocok dengan produk pipa HDPE yang lain, karena data tersebut mengacu pada standard internasional yang digunakan produk Pipa HDPE Wavin Black. Penggunaan bahan material yang buruk kerap membuat data diatas tidak berlaku, dan hal ini membuat usia penggunaan pipa lebih cepat dari yang diperkirakan.

Meski diproduksi dengan bahan Thermo Plastic PE-100 yang istimewa, namun penggunaan dan instalasi pipa yang salah membuat Pipa HDPE tak bisa digunakan seperti yang diharapkan. Untuk itu, perlunya mempelajari instalasi dan spesifikasi pipa HDPE, berikut pembelian produk yang berkualitas akan membuat produk Pipa HDPE bisa digunakan sesuai dengan yang diharapkan. [jod/agenpipahdpe.wordpress.com]

 

Office

Warga Teknik Mekanika
Jl. Dr. Ratna No.1001-5, Kav. BNI 46 Jatikramat, Jatiasih, Bekasi 17421, Jawa Barat, Indonesia

Contact Info

Jodi Permadi
(62-21) 84979172 - 84999139 - 84999361 - 84998934
Mobile: 0812-8261-1466
Fax: (62-21) 84998927
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Mobile Switcher

Follow