Mengenal Istilah-istilah Fitting dalam Aksesoris Pipa


BisnisPipa.com - Pipa, fungsinya yang sederhana ternyata memiliki banyak istilah didalamnya. Mengetahui karakter dan istilah tersebut sebelum memasangnya bisa jadi sangat dianjurkan. Karena kesalahan sedikit saja, biasanya akan berdampak besar, hal ini biasa ditandai dengan munculnya kebocoran di kemudian hari.

Proses sambung atau fitting Pipa, pada dasarnya bagian penting dalam di sistem perpipaan. Hal ini yang kemudian mengenalkan kita pada beberapa jenis aksesoris yang sering digunakan dalam proses instalasi. Beda bentuk, ukuran dan karakter, tentu beda pula fungsinya. Maka, sebelumnya, yuk kita mengenal jenis-jenis aksesoris dan fungsinya untuk sistem perpipaan.

Jenis aksesoris pertama adalah Socket. Aksesoris ini biasanya digunakan untuk menyambung pipa, tujuannya memperpanjang pipa dengan menyambung lurus satu pipa dengan pipa yang lain. Jenis aksesoris ini biasanya digunakan untuk dua jenis pipa dengan diameter yang sama, dengan ulir yang berada dibagian dalam.

Jenis aksesoris pipa yang lain adalah Elbow, berbeda dengan socket, aksesoris ini berfungsi untuk membelokkan aliran dengan ulir dibagian dalam. Sama fungsinya dengan Elbow, aksesoris pembelok aliran juga dapat dilakukan dengan Bend. Hanya saja aksesoris ini digunakan untuk membelokkan aliran beradius besar.

Selain membelokkan, aksesoris pipa juga dapat bekerja dengan membagi aliran menjadi dua arah. Alat ini bernama Tee. Seperti namanya “T” bentuk aliran yang dihasilkan berawal dari pipa lurus yang dibelokkan ke kiri dan ke kanan.

Selanjutnya adalah Reducer. Akesoris ini biasanya digunakan untuk menyambung dua pipa dengan diameter berbeda. Reducer sendiri terbagi menjadi dua tipa, yakni Reducer Elbow yang fungsinya membelokkan aliran dan Reducer Socket yang fungsinya memperpanjang pipa, dengan sambungan pipa lurus. [jod/pojokkontraktor.blogspot.co.id]

Dalam hal peroses penyambungan aksesoris juga dikenal beberapa jenis produk. Seperti sebelumnya, beda bentuk, beda pula fungsinya dalam proses penyambungan atau fitting pipa.

Jenis fitting yang pertama adalah Cross. Jenis produk fitting ini biasanya digunakan untuk membagi aliran menjadi 3 arah, seperti bentuknya “X”. Ada juga Barrel Union, yang merupakan alat penyambung pipa permanen dengan tiga bagian.

Sementara untuk menutup bagian pipa yang tak ingin dialirkan, kita bisa menggunakan Dop (F). Karakter aksesoris yang sama juga bisa kita lakukan dengan menggunakan Plug.

Sementara untuk mengatur aliran, kita dapat menggunakan aksesoris bernama Stop Kran ( Gate Valve ). Bagian ini juga biasa dilengkapi dengan meteran (indikator), yang juga berfungsi menutup dan membuka aliran.  Sepertihalnya pada fungsi Kran, meski produk ini memiliki fungsi lebih sederhana (Tanpa meteran).

Bushis, jenis aksesoris ini memiliki dua mata ulir, baik di dalam maupun diluar. Fungsinya hampir sama dengan reducer Socket. Yakni menyambung dua pipa beda diameter dalam satu alat. Untuk jenis pipa berdiameter sama, digunakan Hexagonal Nipple. Aksesoris ini memiliki ulir dibagian kanan dan kiri, dengan drat segi lima dibagian tengah. Bagian ini yang kemudian menjadi pengunci saat kita mengeratkan kedua sambungan pipa ini. [jod/supplier-pipa.blogspot.co.id]

 

Office

Warga Teknik Mekanika
Jl. Dr. Ratna No.1001-5, Kav. BNI 46 Jatikramat, Jatiasih, Bekasi 17421, Jawa Barat, Indonesia

Contact Info

Jodi Permadi
(62-21) 84979172 - 84999139 - 84999361 - 84998934
Mobile: 0812-8261-1466
Fax: (62-21) 84998927
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Mobile Switcher

Follow