FITTING

Penyambungan Pipa HDPE


BisnisPipa.com - Pipa yang satu ini paling banyak digunakan untuk kebutuhan penyaluran air dan gas. HDPE adalah singkatan dari High Density Polyethylene yang merupakan salah satu jenis pipa berbahan plastik yang terbuat dari bahan polimer minyak mentah. Sebagaimana namanya pipa HDPE ini merupakan jenis pipa yang berdensitas tinggi. Pipa jenis ini diameternya rata-rata berukuran besar berbeda dengan pipa paralon biasa yang diameternya variatif.


FITTING


Kelebihan dari pipa HDPE ini adalah sifatnya yang elastis (bisa digulung) berbeda dengan pipa-pipa lainnya yang sifatnya kaku. Perlu diketahui bahwa pipa ini sendiri memiliki jenis-jenisnya lagi dan tentu cara pemasangannya juga berbeda satu sama lainnya. Untuk cara pemasangan atau penyambungan bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1.Pipa HDPE Compression Fitting

  • Pipa HDPE jenis ini memiliki kelebihan karena bisa dipasang tanpa harus menggunakan lem. Cara memasangnya adalah dengan membuka compression collar dan melepaskan union dan ring penjepitnya. Kemudian pasanglah ring penjepit dan union ke ujung pipa. Setelah itu pasang kembali compression collar (anda bisa mengencangkannya dengan menggunakan tangan atau menggunakan alat pengencang standard). Lakukanlah hal yang sama pada HDPE Compression Fitting yang lainnya.

2.Pipa HDPE Butt Fusion harus dilaksanakan dengan menggunakan alat yang disebut dengan Butt Fusion. Alat ini nantinya yang berfungsi sebagai penempel antara ujung pipa yang satu dengan ujung pipa yang lainnya. Untuk cara pemasangan atau penyambungan HDPE Butt Fusion atau Welding Machine HDPE Pipe bisa dilakukan dengan cara seperti ini :

  • Pasanglah ujung-ujung pipa yang akan disambung di alat Butt Fusion. Kemudian kencangkan alat penjepitnya sampai kedua ujung pipa berada dalam satu garis. Jika sudah, maka langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah dengan meratakan ujung pipa dengan alat perata elektrik. Pastikan bahwa pipa-pipa tersebut sudah merata dengan rapih dan bersih. Pasanglah alat pemanas pada dua bagian ujung pipa dan panaskan plat pemanas. Tekanlah kedua ujung pipa yang sudah dipanaskan dan pastikan sambungan tercipta dengan baik.

3.Pipa HDPE Electro Fusion, pipa jenis ini dipasang dengan menggunakan tenaga listrik. Alat pemanas tersebut akan melelehkan ujung pipa yang akan disambung sehingga lebih mudah proses penyambungannya. Untuk pemasangan atau penyambungan HDPE Electro Fusion bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Lakukan pembersihan terhadap ujung-ujung pipa yang akan disambung. Setalah itu pasang ujung-ujung pipa ke arah electro fitting. Kemudian hubungkanlah electroda yang ada di electrofusion ke electro fitting kemudian nyalakan alat tersebut. Jika anda melihat lampu indikator sudah berwarna kuning hal tersebut menandakan persambungan telah terjadi. [jod/indopipa.net]

 

Office

Warga Teknik Mekanika
Jl. Dr. Ratna No.1001-5, Kav. BNI 46 Jatikramat, Jatiasih, Bekasi 17421, Jawa Barat, Indonesia

Contact Info

Jodi Permadi
(62-21) 84979172 - 84999139 - 84999361 - 84998934
Mobile: 0812-8261-1466
Fax: (62-21) 84998927
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Mobile Switcher

Follow