Horizontal Directional Drilling

Horizontal Directional Drilling (HDD)


BisnisPipa.com - Sesuai dengan namanya, Drectional Drilling berarti pengeboran yang dapat diarahkan. Sebuah lubang bor dapat menjangkau titik-titik well yang berbeda, karena bor yang digunakan dapat digerakkan sesuai dengan keinginan. Berdasarkan pengalaman para engineer, mengebor suatu well dari berbagai arah dapat meningkatkan produktivitas minyak dan gas.

Pengembangan  pada drilling sensors dan global positioning technology telah menghasilkan teknologi directional drilling yang lebih baik hingga saat ini. Sudurt drillbit sudah dapat dikendalikan melalui real-time technologies secara lebih akurat, memberikan kemudahan bagi dunia industry untuk menghadapi permasalahan pengeboran, meningkatkan efisiensi, dan penghematan biaya.



Beberapa peralatan yang umum digunakan pada directional drilling:

  • Whipstocks
  • Bottomhole assembly (BHA) configuratios
  • Three-dimensional measuring devices
  • Mud motors
  • Specialized drillbits

Salah satu tipe directional drilling adalah Horizontal Directional Drilling (HDD), yang biasa digunakan untuk meningkatkan produksi seara drastic, mencapai 20 kali lipat. Sudut yang termasuk HDD adalah di atas 80 derajat, dan bahkan melebihi 90 derajat (drilling upward).

HDD tidak hanya untuk mengebor sumber minyak dan gas, melainkan dapat pula digunakan untuk membuat jalur bawah tanah yang menyebrangi sungai, jalanan, dan struktur eksisting, sehingga dapat dibangun pipa untuk transportasi fluida dan material lainnya melalui jalur tersebut. Dibanding dengan menggali tanah untuk memasang jalur pipa, teknologi directional drilling memiliki biaya instalasi 6-8 kali lebih rendah. [jod/riomardhian.wordpress.com]

 

Office

Warga Teknik Mekanika
Jl. Dr. Ratna No.1001-5, Kav. BNI 46 Jatikramat, Jatiasih, Bekasi 17421, Jawa Barat, Indonesia

Contact Info

Jodi Permadi
(62-21) 84979172 - 84999139 - 84999361 - 84998934
Mobile: 0812-8261-1466
Fax: (62-21) 84998927
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Mobile Switcher

Follow